Membangun Rumah Sendiri, Atau Membeli Perumahan

Bagi Anda yang ingin mempunyai rumah maka tentu saja Anda harus memilih rumah yang sesuai dengan jumlah uang yang Anda miliki. Namun karena pada saat ini banyak sekali dibangun perumahan, maka hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mempunyai rumah tersebut. Baca selengkapnya

Iklan

4 Perumahan Terbaru di Sidoarjo, Murah!

Lagi berburu perumahan di Sidoarjo? kebetulan saya lagi ngumpulin juga nih info perum di daerah ini. Niatnya sih ingin melihat harga pasaran di daerah Sidoarjo yang kini mulai ramai seperti kota besar, mungkin karena dekat dengan Surabaya? mungkin saja.

Oke, sebenarnya sulit juga lihat-lihat properti yang ada didaerah ini, nemu di websitenya Rumah.com di salah satu halamannya, perumahan di Sidoarjo Jawa Timur, dan inilah 4 proyek yang bisa di lirik-lirik jika uang tabungan sudah cukup, ya buat DP aja dulu gak apa-apa sob. tapi, siapa tahu anda bisa menemukan rumah murah disana, tidak harus perum kan?

perumahan sidoarjo
perumahan sidoarjo

Tenang, daftar ini daftar perum yang harganya dibawah 300 juta saja, ya antara 200 juta kurang lebih.

Nyok kita lihat.

The Village Durung Banjar Sidoarjo

perumahan the village durung banjar sidoarjo

Harga termurah di perum ini sekitar Rp. 270 Juta rupiah. Untuk tipe 36/70, tersedia 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, serta listrik yang sudah besar, sekitar 1300 watt. Luas bangunan sekitar 36 meter persegi sedangkan untuk jumlah luas tanah secara keseluruhan sekitar 70 meter persegi.

Dp yang ditawarkan cukup hanya dengan 50 juta saja, bisa diangsur bro!, gratis biaya biaya BBN, KPR serta biaya BPHTM.

Yang asiknya lagi, kita bisa mendapatkan bonus meja dapur dan pompa listrik.

Alamatnya ada disekitar Candi, Sidoarjo, Jawa Timur.

Perum Anggun Permai

perum anggun permai sidoarjo jatim

Berdiri dan dibangun oleh developer Cantika Anggun raya, Untuk tipe rumah yang seperti di foto diatas, harganya masih disekitar dibawah 300 juta 🙂 ya sekitar 270 juta saja.

Dengan harga tersebut, anda akan mendapatkan sebuah rumah di area perum dengan luas tanah sekitar 90 meter persegi, luas bangunan sekitar 36 meter persegi, 2 kamar tidur dan 1 toilet kamar mandi, listriknya standarlah, 1300 watt. Bersertifikat SHM dan tentu saja lokasinya strategis dekat tempat anak untuk belajar, sekolah, juga dekat dengan puskesmas untuk memastikan sobat tidak kesulitan ketika membutuhkan pertolongan saat tubuh lagi gak sehat.

Gratisannya pagar untuk halaman depan, dan belakang, serta canopy 😛

Dp lebih murah daripada perumahan yang pertama, hanya sekitar 30 juta saja dan dapat dicicil selama 6 bulan!

Berapa angsurannya? 2.6 juta untuk masa 15 tahun, 2.4 juta untuk masa 20 tahun, dan 2.3 juta untuk masa kredit kpr 25 tahun. Memang tidak terlalu murah, tetapi cukuplah tidak terlalu mahal mahal juga.

Selain itu, bebas untuk biaya IMB, BBN, AJB dan BPHTB.

Yang satu ini sepertinya lumayan menarik ya, alamat lengkapnya ada di Wonoayu-Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur.

Grand Oriental Sidoarjo

Harga di sini ini sekitar 250 juta, dan yang paling menggiurkan cicilan yang ditawarkan ada yang dibawah 2 juta/bulan. mari kita lihat lebih jelas.

perum grand oriental sidoarjo

Ternyata, rumah disini ini hanya mendapatkan sertifikat hak guna bangun saja 😛

Dengan fasilitas 2 kamar dan sebuah kammar mandi. Luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 90 meter persegi, listrik 1300 watt, dihargai 250 juta.

Bonus nya standar seperti canopy dan sebuah AC, lumayan 1/2 PK.

Selanjutnya.

Perum Googling Village

Nama ini cukup unik dan sangat lucu, maksudnya dengan penggunaan Googling, seperti nyuruh buat berselancar di dunia maya saja 😛

Berada di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi Sidoarjo.

Harga untuk tipe 40/90 sekitar 250 juta. Luas tanah sekitar 90 meter persegi dan luas bangunan sekitar 40 meter persegi.

Fasilitas lain masih standar seperti listrik 1300 watt, gratis BPHTB, sertifikat hak milik. harga 255 juta tersebut sudah meliputi SHM, PLN, IMB dan PDAM

Perhitungan cicilan:

DP promo sekitar 30 juta, jadi sekitar 5 juta dicicil 6 kali. Untuk kredit kpr 15 tahun, biaya cicilannya adalah sekitar 2,7 juta rupiah.

Dp yang lebih besar, sekitar 50 juta (bisa di angsur), dan cicilan perbulan sekitar 2,5 juta.

Harga jual belum termasuk biaya lain-lain termasuk kpr atau notaris, dan yang lainnya.

daftar cicilan dp perumahan googling village Sidoarjo

4 perum di Sidoarjo di atas memang cukup murah, sebenarnya anda bisa mendapatkan informasi lainnya melalui internet, hanya saja untuk daerah Sidoarjo, perumahan murah di bawah 200juta-300juta memang sudah mulai langka, kecuali untuk anda yang ingin berburu rumah bekas dan telah siap dana cash yang menurut saya lebih bijak dan bisa berhemat bunga bank.

Apa yang harus anda ketahui tentang lokasi ini

Daerah Sidoarjo memang sedang tumbuh dengan baik, jika anda memutuskan untuk membeli properti disini, maka anda tidak salah.

Beberapa informasi seperti adanya dukungan dari berbagai pihak tentang UKM dihalaman ini, nah jika anda berencana untuk jadi pengusaha, dan mencari tempat tinggal di salah satu perum di daerah ini, rasanya anda sudah tepat.

Tapi, saya juga mengingatkan tentang surat-surat rumah yang ada, apalagi perumahan-perumahan terbaru yang ada dipasaran yang terlihat hanya kejar setoran, pastikan semua surat dan ijin nya lengkap, karena saat ini beberapa kasus seperti misal pengurusan kavling sedang jadi perhatian.

Oke, urusan harga sudah beres, info bisnis sudah lumayan cerah, bagaimana untuk keluarga?

Jangan khawatir, jika sebut saja anda ssudah memilih salah satu dari perumahan murah dari 4 pilihan diatas, maka keluarga anda akan tetap nyaman dan terhibur. Apakah sobat tahu ada banyak wisata keren di Sidoarjo? Sebut saja museum Mpu Tantular, pemancingan Delta Fishing, lokasi jalan jalan di alun-alun Sidoarjo, wisata bahari telecor, dan lain-lain.

Oke sob, segitu dulu informasinya, jika ada yang punya informasi perum baru di sekitar wilayah Sidoarjo, boleh lah berbagi dengan teman-teman yang lain, yang mungkin sedang membutuhkan informasi harga kpr, lokasi, jenis perum, harga dan apapun yang bersangkutan dengan info perumahan di Sidoarjo.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap berburu bagi yang sedang sangat-sangat membutuhkan tempat tinggal di daerah ini.

images credit: Google images, rumah.com

Syarat Pengajuan KPR Rumah Yang Terpenting!

Ada 2 hal yang paling penting sebagai syarat pengajuan kpr rumah, dan menurut saya, kedua hal ini harus lolos sensor supaya bisa di setujui bank.

Apa saja itu?

pinjaman-uang-untuk-kpr-rumah
KPR Rumah

Sebagai orang yang awam didunia properti, 2 hal tersebut adalah

  1. Aliran keuangan yang sehat dan cukup (dan terbukti di BI dan buku tabungan 😛 )
  2. Tidak dalam daftar hitam bank

Disini kita bicara mengenai inti dari pokok tentang masalah persetujuan pinjaman. Maksudnya? kita lihat dalam contoh kasus yang mudah kita pahami.

Katakanlah anda adalah seorang pengusaha sukses, dan kini sedang menikmati hasil usaha kerja keras anda selama bertahun-tahun. Tabungan anda cukup banyak, tetapi tidak disebut kaya raya.

Suatu hari, si Juki datang kerumah anda, kemudian bercerita bahwa dia membutuhkan sebuah kendaraan untuk berjualan sayuran, karena sepeda motor yang dia gunakan sudah tidak layak pakai.

Secara kasar, anda tidak ada masalah dengan uang, tetapi melihat si Juki kerjanya cuman jadi tukang sayur, ini sedikit membuat anda gundah.

Si Juki adalah seorang pengusaha yang penghasilannya kadang besar kadang kecil, dia juga pasti tidak punya tabungan karena dia mendatangi kita untuk pinjam uang sebagai uang untuk membeli motor.

Sekarang pertanyaannya, jika anda harus memilih secara bisnis dan logikanya digunakan, apa anda akan memberikan Juki pinjaman?

Atau,, jika si Juki seorang PNS, apakah anda akan memberikan pinjaman?

Semoga anda paham maksud saya 😀

Untuk mendapatkan persetujuan KPR bank, secara logis dan masuk akal, bank akan melihat status pekerjaan kita, apa kita pengusaha, PNS, atau pekerja tetap.

Bagi PNS dan pekerja tetap, anda akan lebih mudah mendapatkan persetujuan kpr bank, ini karena bank berpikir bahwa uang cicilan bakal lancar jaya.

Tetapi bila anda seorang pengusaha? jujur,, akan lebih sulit 😀

Bank mau yang pasti-pasti saja, aman dan jelas.

Jika anda memiliki penghasilan yang tetap, kemudian anda sudah beres dengan semua jenis cicilan, anda juga memiliki sisa dana atau uang setidaknya 40% dari penghasilan yang tidak digunakan setiap bulan, alur simpan-pinjam history bank anda juga baik dan tidak masuk blacklist bank, pekerja dengan gaji yang pasti setiap bulan, saya kira anda berhak mendapatkan persetujuan KPR.

Intinya, pakai logika, bank ingin pembayaran cicilan KPR rumah bisa lancar, supaya ini terkendali, maka KPR pinjaman rumah harus diberikan kepada orang yang pasti, pasti gajinya, pasti pekerjaannya, juga pasti tidak terlibat kredit macet,

Sederhana dan mudah untuk dipahami.

Kebanyakan orang terlalu pusing memikirkan hal-hal lain diluar yang dikatakan dirumah, percayalah, itu cuman penghias saja untuk disetujui kpr, jadi kita lihat aja beberapa poin utama diatas, sebelum pusing mikirin yang lain.

Pinjaman KPR bisa dimana saja, Bank BNI, BRI,BTN, BCA sampai Mandiri juga ada. Jika syarat diatas sudah anda penuhi, silahkan cari yang pas dengan kebutuhan anda.

Bagaimana dengan nasib si Juki yang ingin membeli motor?

Karena anda sebagai pengusaha yang sangat baik hati, akhirnya anda memberikan dana kepada si Juki.

Setelah 6 bulan, pembayaran utang Juki kepada anda mulai tersendat, hingga pada bulan ke 9, dia tidak sanggup membayar cicilan utang kepada anda.

Lagi-lagi, karena anda baik hati, dan juga anda sedang mencicil perumahan baru bagi anak anda, dan tahu bagaimana rasanya bayar cicilan hutang, anda akhirnya memberikan uang sisa pinjaman Juki sebagai sedekah kepadanya.

3 Tahun berlalu, Juki jadi bandar sayur di daerah Jakarta pusat.

Suatu hari Juki datang kepada anda, memberikan sebuah hadiah sebuah kunci rumah di sebuah perumahan elit di Jakarta sebagai hadiah kebaikan anda di waktu dulu. Berkat pinjaman uang anda, dia bisa mengembangkan usaha sayur nya. Ternyata kenapa dia dulu tidak sanggup membayar cicilan utang, karena dia memberikan keuntungan dagang untuk nenek nya yang lagi sakit 😛

Jadi, jika anda tidak disetujui kpr perumahan idaman, jangan khawatir, banyak-banyaklah berbuat baik, rumah itu urusan Tuhan, biar Dia yang atur he he he..

Maaf kalau kepanjangan, just for fun lah sob, soalnya kebanyakan blogger pada serius kalau ngomongin pinjaman kpr bank, udah stress makin stress kan 😛

Tapi, itulah beberapa hal penting yang pertama kali harus anda pikirkan sebelum anda mengajukan kpr perumahan, status pekerjaan yang pasti, gaji yang pasti, alur uang di tabungan dan tidak di cap jelek oleh BI, serta kemahiran anda dalam wawancara pengajuan kpr.

Terakhir jika tidak diterima, silahkan beli secara tunai, anda kan seorang pengusaha 😎

Sampai jumpa sob.

*referensi yang ingin melihat syarat KPR yang syariah lihat dibawah.. Baca selengkapnya

Dekorasi Rumah Kecil – Keindahan Gak Harus Mahal

Rumah kecil tidak berarti jelek, tetapi dekorasi rumah kecil lah yang menentukan kenyamanan dan keberhasilan seseorang dalam membuat tempat tinggalnya menjadi surga. Seperti apa? cek deh gambar di bawah.

dekorasi rumah kecil nyaman
dekorasi kamar kecil di rumah kecil

Ruang tidur diatas saya kira hanya berukuran kurang lebih sekitar 3×3 meter, tetapi jujur, tempat tidur diatas sungguh sangat menyenangkan dan terlihat sangat nyaman. Jika saya ada di ruangan di atas, tentu saja saya akan betah berada disana, paling saya akan mengganti TV diatas dengan LED TV lebih besar dan beberapa foto pribadi serta beberapa hiasan bunga supaya lebih adem ayem.

Sebenarnya saya ingin mengucapkan selamat kepada anda, yang memiliki ukuran rumah kecil dan tidak terlalu besar.

Mengapa?

Ini karena biaya dekorasi kamar bisa ditekan, dan anda bisa mengoptimalkan dana yang ada untuk membeli hiasan yang berkualitas serta unik.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan bicara mengenai perumahan, ya kita bahas yang nyambung aja, contohnya pembahasan ide dekorasi untuk rumah kecil.

Kita mulai dari ruang dan kamar tidur.

Kamar tidur adalah salah satu ruang yang sangat penting untuk kita perhatikan. Ruang tidur menjadi ruang pribadi dan tidak ada pilihan selain kita harus utamakan sebelum anda mengutamakan ruang yang lainnya.

Di runag ini kita beristirahat, diruang ini kita berkomunikasi dengan pasangan dan anak, jadi harap anda perhatikan segala keperluan untuk ruangan ini.

Nah, untuk dekorasi rumah kecil, contoh dekorasi kamar tidur ini juga bisa anda coba.

dekorasi kamar tidur minimalis

Adem banget nih ruang tidur, beberapa dekorasi yang ada disini juga terlihat pas dan match.

Meskipun disana tidak terlihat ada foto dan banyak dekorasi, tetapi pemilihan satu buah kotak dekorasi dan diapit oleh 2 hiasan yang bergelantungan membuat kamar ini terlihat alami.

Apa yang bisa saya ambil dari desain kamar kecil ini adalah tentang menentukan tema, jadi anda harus menentukan tema apa yang pas untuk kamar kecil anda. Gunakan seminimal mungkin jumlah dekorasi agar ruangan tetap terlihat luas, wajib. Ingat, hiasan kayu dan beberapa item yang terlihat diruangan tidur di atas bukanlah barang mahal, tapi tetap terlihat mewah dan serasi.

Ruang tengah keluarga utama

Beberapa orang bingung dengan dekorasi yang harus dipasang diarea ini, supaya anda tidak bingung, coba perhatikan contoh gambar dekorasi ruangan dibawah ini.

dekorasi untuk ruang keluarga minimalis

Berhubung dekorasi kamar yang seperti menjurus ke area “desain per-kayuan” 😀 maka desain dan dekorasi ruang keluarga pun menyesuaikan 😛

Lagi-lagi, dekorasi untuk rumah dengan ukuran kecil juga bukan menjadi halangan untuk mendapatkan ruangan yang sangat super nyaman.

Perhatikan saja ruang utama diatas.

Dekorasi diatas sungguh sangat sempurna, dengan hanya mengandalkan ruang kosong pada sebuah lemari dan beberapa area seperti ruang di sudut ruangan, ruangan sempit ini menjadi sangat nyaman dan terlihat “wah”

Modalnya cuman beberapa hiasan keramik beserta tanaman hias. Meja dan sofa nya terlihat tidak begitu banyak dekorasi, tetapi semuanya terlihat cocok dengan dekorasi yang ada.

Kesimpulan

Cari ide dan kumpulkan semuanya.

Terkadang, saya melihat rumah kecil dengan desain dan dekorasi yang mantap, tetapi kebanyakan malah berantakan 😀 . Untuk rumah besar juga sama saja, intinya konsep.

Jadi sob, untuk mendapatkan kenyamanan dan keindahan rumah kecil tidaklah harus dibayar dengan harga mahal, dengan beberapa benda hiasan murah pun bisa, kecuali jika anda ingin menghias dengan banyak hiasan logam mungkin dibalur emas yang harganya tidak masuk akal untuk sekedar mendekor sebuah ruangan.

Dekorasi rumah termasuk kedalam seni, dan seni terkadang termasuk kedalam menu “selera pribadi”. Intinya temukan kenyamanan, dekorasi yang nyaman di mata, juga nyaman di kantong.

Welcome Sistah!

Ini adalah halaman pertama yang saya buat untuk menyambut para pengunjung blog Info Perumahan. Welcome sistah and mastah

welcome-post

Sebagai artikel pertama, kita tidak usah lah ya berbicara secara serius mengenai info perumahan yang ada di Indonesia,tetapi mari kita bahas tentang tujuan dari dimuatnya informasi-informasi yang ada di blog ini.

Okay, perumahan… so?

Jujur,  topik ini adalah salah satu menu pembicaraan yang akan selalu mendunia :-p maksud saya, sampai kapanpun, rumah dan perumahan akan selalu hits.

Sama halnya seperti makanan dan pakaian, begitu juga dengan perumahan, ya 3 hal ini wajib untuk kita miliki.

Jika anda saat ini masih kuliah atau mungkin sudah bekerja, tetapi masih hidup sendiri. Mungkin anda tidak akan berpikir jauh mengenai tempat tinggal.

Tetapi ketika anda berencana untuk menikah, atau kalau anda sudah menikah dan memiliki seorang anak, anda akan mulai berpikir untuk memiliki sebuah rumah atau tempat tinggal, baik itu diperumahan ataupun di apartemen.

Welcome to the real life!

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi kebahagian informasi mengenai rumah dan perumahan, memang saya bukanlah ahlinya, tetapi saya disini berbicara dilihat dari pandangan seorang konsumen yang awam terhadap perumahan, layaknya konsumen asli yang sering kebingungan dalam menghadapi permasalah tentang kepemilikian rumah.

Thank You!